Mengenal Bagian Tubuh Ikan

Halo, Sobat SwaraArnawa! Mengenal bagian tubuh ikan, yuk. Mengenal bagian tubuh ikan merupakan salah salah satu aktivitas dalam mengidentifikasi jenis ikan, yaitu dengan cara memahami morfologinya. Pasti tau, dong, arti morfologi. Ya, morfologi adalah ilmu yang mempelajari bentuk tubuh dan bentuk organ luar suatu organisme. Dengan memahami morfologinya, kita bisa terbantu dalam menduga beberapa hal terkait habitat di mana ikan tersebut berada. 

Nah, secara umum, bagian tubuh ikan terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu kepala, badan, dan ekor.

 

Bagian tubuh ikan #1. Caput atau bagian kepala ikan

Caput atau bagian kepala ikan merupakan bagian tubuh ikan yang dimulai dari ujung moncong terdepan hingga tutup insang paling belakang. Pada bagian kepala ikan ini bisa kita temukan mulut, rahang atas, rahang bawah, gigi, sungut, hidung, mata, insang, tutup insang, otak, dan sebagainya.  

Bagian tubuh ikan #2. Truncus atau bagian badan ikan

Truncus atau bagian badan ikan merupakan bagian tubuh ikan yang dimulai dari ujung tutup insang bagian belakang sampai permulaan sirip dubur. Pada bagian badan ikan ini terdapat sirip punggung, sirip dada, dan sirip perut. Terdapat pula organ-organ dalam seperti hati, empedu, lambung, usus, gonad, gelembung renang, ginjal, limpa, dan sebagainya.

Bagian tubuh ikan #3. Cauda atau bagian ekor ikan

Cauda atau bagian ekor ikan merupakan bagian tubuh ikan yang dimulai dari permulaan sirip dubur sampai ujung sirip ekor bagian paling belakang. Pada bagian ekor ini kita bisa kita temukan anus, sirip dubur, sirip ekor, dan terkadang bisa kita temukan scute dan finlet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar